PT Agung Toyota Batam Center Melayani Pembelian Cash & Kredit Proses Cepat & Mudah Data Dibantu Sampai Approve DP Promo / Angsuran Ringan / Gratis Aksesoris
Menu
Model
Beranda » All About Batam » 8 Makanan Khas Batam ini Bakal Goyang Lidahmu!

8 Makanan Khas Batam ini Bakal Goyang Lidahmu!

Dipublish pada 2 February 2019 | Dilihat sebanyak 86 kali | Kategori: All About Batam

Selain dikenal sebagai surga belanja dan tempat transit sebelum ke Singapura atau Malaysia, Batam kini juga dikenal dengan surga kulinernya. Menjadi tempat berkumpulnya berbagai pendatang yang kebanyakan berasal dari pulau Sumatera, menjadikan kuliner di Batam kental dengan unsur melayu.

Jika kamu tengah berkunjung ke Batam, kamu bisa nih nyobain 8 makanan khas Batam yang luar biasa populer ini. Tenang aja, semua kuliner ini tidak hanya enak tapi juga ramah di kantong kok!

1. Mie Lendir.

Mie Lendir

Jangan geli dulu sama namanya, rasa dari Mie Lendir dijamin bakal bikin kamu ketagihan. Menjadi salah satu pilihan menu sarapan di kota Batam, Mie Lendir adalah mie kuning yang disajikan dengan bumbu kuah kental, dilengkapi dengan irisan telur, tauge, irisan cabe, bawang goreng dan seledri.

Tidak sulit mencari tempat makan yang menjual Mie Lendir di Batam. Harganya pun terjangkau. Seporsi Mie Lendir dihargai Rp 10.000 hingga Rp 12.000. Enak dan murah kan?

2. Mie Sagu.

Mie Sagu

Selain Mie Lendir, kamu juga wajib mencoba Mie Sagu di Batam. Mie Sagu ini seperti mie goreng, lalu ditambah taburan berupa tauge, telur, bakso ikan, udang atau potongan ikan. Karena mie yang dipakai terbuat dari sagu, tekstur mienya lebih kenyal dibanding mie biasa. 

3. Gonggong.

Gong Gong (Seafood)

Siput Gonggong adalah makanan laut khas Batam. Gonggong sendiri kerap menjadi makanan sehari-hari karena mudah didapat dan harganya yang juga murah. Pada umumnya gonggong disajikan dengan cara direbus dan dihidangkan dengan sambal. Cara memakannya agak unik karena menggunakan tusuk gigi untuk mengeluarkan daging gonggong dari dalam cangkang.

4. Sop Ikan Batam.

Sop Ikan Batam

Pernah makan ikan pake kuah bening? Mungkin di benak kalian akan menganggap aneh kuliner satu ini. Gak amis ya kalau ikan di kuahin? 

Jawabannya, coba aja makan Sop Ikan Batam. Dijamin deh bakal tambah. Sop Ikan ini berisikan potongan ikan tenggiri putih ditambah irisan sawi putih dan tomat muda, disajikan dengan kuah bening dari bawang putih dan ebi sangrai.

Rasanya yang asam, segar juga gurih plus tanpa aroma anyir, menjadikan kuliner satu ini populer bagi wisatawan yang tengah berkunjung ke Batam.

5. Mie Tarempa.

Mie Tarempa

Satu lagi sajian mie yang khas dari Batam, yaitu Mie Tarempa. Mie Tarempa bisa disajikan dengan dimasak kering seperti mie goreng, atau berkuah sedikit alias nyemek dan yang berkuah banyak atau istilah penjual mie ini, basah.

Mie yang lebih lezat jika disantap saat masih panas ini terdiri dari mie, tauge, telur dan potongan ikan. Biasanya kedai yang menjajakan Mie Tarempa juga menyediakan Teh O, Kopi O dan Luti Gendang sebagai jajanan pembuka. 

6. Luti Gendang.

Luti Gendang

Luti Gendang adalah sajian khas pembuka atau camilan di kedai-kedai yang menjual Mie Tarempa. Penampakannya sendiri mirip seperti roti goreng yang diisi dengan abon ikan tuna. Rasanya pun gurih karena isian abon ikannya, dan rotinya terasa renyah di luar dan lembut di dalamnya.

Tidak hanya menjadi camilan, Luti Gendang kini juga telah menjadi salah satu pilihan oleh-oleh yang populer serta khas dari kota Batam lho.

7. Bingka Bakar.

Bingka Bakar

Kue khas Melayu yang berbentuk bunga ini tidak hanya disukai turis lokal, beberapa wisatawan dari Singapura dan Malaysia pun terkadang sengaja mampir ke Batam demi mencicipi kue ini. Tidak hanya pandan yang merupakan rasa asli dari kue ini, kini bingka bakar juga memiliki varian rasa lain. Seperti pandan keju, coklat, wijen dan rasa lain yang lebih modern.

8. Bilis Molen atau Kue Bilis.

Bilis Molen

Meskipun namanya molen, Bilis Molen berbeda dengan molen yang biasanya kamu makan. Berisikan bilis atau ikan teri, kue molen satu ini bercita rasa gurih. Ukurannya pun sebesar jempol atau seperti molen mini.

Selain sebagai cemilan, Bilis Molen juga bisa dijadikan lauk pendamping nasi. Kamu bisa menemukan Bilis Molen di tempat-tempat yang menjual oleh-oleh di Batam dalam keadaan sudah dikemas dan bisa langsung kamu bawa sebagai buah tangan.

Enak-enak dan unik-unik ya makanan khas Batam ini. Jangan lupa mampir saat lagi di Batam ya!

Bagikan informasi tentang 8 Makanan Khas Batam ini Bakal Goyang Lidahmu! kepada teman atau kerabat Anda.

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Artikel Menarik Lainnya

8 Makanan Khas Batam ini Bakal Goyang Lidahmu!

Dipublish pada 2 February 2019 | Dilihat sebanyak 86 kali | Kategori: All About Batam

Selain dikenal sebagai surga belanja dan tempat transit sebelum ke Singapura atau Malaysia, Batam kini juga dikenal dengan surga kulinernya. Menjadi tempat berkumpulnya berbagai pendatang yang kebanyakan berasal dari pulau Sumatera, menjadikan kuliner di Batam kental dengan unsur melayu. Jika kamu... selengkapnya

Ini Bukti Toyota Avanza, Calya dan Agya Sukses Memikat Hati Generasi Millenial Indonesia

Dipublish pada 9 February 2019 | Dilihat sebanyak 47 kali | Kategori: Promo & Berita Terbaru

Indonesia Millenial’s Top Brand Award 2019 merupakan ajang penghargaan terhadap brand yang berhasil menjadi pilihan millenial Indonesia yang diselenggarakan oleh Warta Ekonomi. Survei dilakukan melalui teknik riset online survey menggunakan aplikasi mobile dengan kumulatif jumlah responden 15.000 orang. Dan produk... selengkapnya

Mau Bikin Mobil Kamu Irit Bensin dan Terjaga Performanya? Ini Caranya

Dipublish pada 20 February 2019 | Dilihat sebanyak 46 kali | Kategori: Promo & Berita Terbaru

Mobil seperti Toyota Avanza dikenal mumpuni dalam mengolah bahan bakar sehingga begitu karena diakui irit bensin. Namun tidak serta-merta mobil ini jadi irit konsumsi BBM kalau kamu tidak paham cara memperlakukan mobil yang membuatnya tidak konsumtif dalam menenggak bahan bakar.... selengkapnya

Hubungi
Lokasi